Laman

Minggu, 06 Maret 2016

cara mengontrol rasa marah

                   5 Cara sehat untuk kontrol rasa marah

Marah adalah salah satu gangguan emosi yang pasti akan dialami oleh manusia. Walaupun normal, kemarahan yang berkepanjangan nyatanya bisa mengganggu kesehatan fisik dan mental Anda. Sebab kemarahan bisa menimbulkan tekanan luar biasa pada tubuh. Sehingga Anda pun harus mengontrol rasa marah Anda.

Berikut adalah cara sehat yang bisa Anda lakukan untuk mengontrol rasa marah seperti dilansir dari boldsky.com.

Katakan sejujurnya
Terkadang kemarahan datang karena Anda tidak mengatakan secara langsung apa yang Anda inginkan dan harapkan. Oleh karena itu hindari hal-hal yang membuat Anda marah dengan mengungkapkannya secara langsung. Kelegaan hati bisa membuat Anda terhindar dari emosi yang tidak perlu.

Tenangkan diri
Jika Anda sudah dihadapkan pada keadaan yang membuat Anda marah, segera tenangkan diri Anda. Ambil napas secara perlahan dan hembuskan. Atau Anda juga bisa minum segelas air untuk menenangkan pikiran Anda.

Alihkan perhatian Anda
Mengalihkan perhatian Anda dari hal-hal yang membuat Anda marah efektif untuk meredakan kemarahan Anda. Sehingga jika Anda sudah merasa terlalu sebal dan tidak bisa berpikir jernih, cobalah untuk sekedar berjalan-jalan atau bertemu teman untuk berbagi cerita. 

Menulis
Menulis bisa menjadi terapi untuk meredakan kemarahan Anda terutama ketika Anda tidak mempunyai teman untuk berbagi cerita. Tuliskan hal apapun yang membuat Anda marah dan apa saja yang menjadi harapan Anda dari hal tersebut.

Manjakan diri
Memanjakan diri sejenak juga bisa menjadi langkah yang tepat untuk meredakan kemarahan. Lakukan hal-hal yang membuat Anda senang dan ketika pikiran Anda sudah segar kembali, Anda bisa melihat permasalahan yang membuat Anda marah dari sudut pandang yang berbeda.

Selain cara di atas, menahan diri dan emosi untuk tidak marah adalah hal yang penting. Sebab Anda bisa menahan kemarahan yang biasanya akan Anda sesali ketika emosi Anda sudah menurun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar